Oleh: ardiansyah | Oktober 6, 2010

EFISIENSI MENGOLAH CITRA MENGGUNAKAN FASILITAS QUEUE MANAGER DI ENVI

Softwere pengolah data raster atau data citra satelit ENVI ini memang dilengkapi beberapa fitur unggulan bila dibandingkan dengan softwere-softwere pengolah data raster lainnya seperti Er-Mapper, Erdas, dll. Salah satu fiturnya yang bagi saya cukup menarik adalah fasilitas queue. Fasilitas Queue ini adalah fasilitas yang bisa memanage semua proses dalam satu waktu. Misalkan, anda sedang bekerja mengolah data citra, setelah melakukan pengolahan dan kemudian diproses tentunya dalam proses loadingnya membutuhkan waktu yang lama, apabila jika kita berbicara pengolahan citra dengan size data yang besar (citra resolusi tinggi dengan area yang luas atau citra dengan jumlah band yang banyak), butuh waktu lama untuk menunggu proses tersebut berakhir sedangkan anda juga harus mengolah citra atau melakukan step prosesing lainnya.

Solusinya adalah menggunakan fasilitas Queue di ENVI. Dengan menggunakan fasilitas queue ini, anda tinggal membuat beberapa perintah untuk melakukan prosesing, misalkan anda melakukan klasifikasi unsupervised untuk 10 citra yang berbeda, atau anda ingin melakukan perintah yang berbeda seperti Layer stacking, compute statistic, kemudian classification untuk satu citra, maka diakhir perintah, terdapat pilihan queue.

Kemudian lakukan lagi prosesing lainnya, dan pilih lagi queue, dan lakukan seterusnya sampai semua proses masuk dalam queue manager

Setelah proses sudah masuk ke dalam manager queue, maka anda tinggal mengaktifkan seluruh prosesnya pada manager queue. Langkahnya yakni Pilih File, kemudian Envi Queue Managemen.

Maka setelah itu, akan muncul kotak dialog ENVI Queue Manager. Dapat terlihat di atas, bahwa saya telah memasukkan 5 proses klasifikasi unsupervised untuk 5 citra berbeda ke dalam queue manager ini.

Langkah selanjutnya adalah tinggal melakukan Select All, hingga semua proses terblok, kemudian pilih Execute Selected. Maka proses pun akan berjalan.

Perlu dipertegas, langkah ini tidak mempercepat proses loading, lamanya proses loading akan sama saja. Langkah ini hanya untuk memanage proses loading yang dilakukan di akhir saja. Sehingga, setelah anda memasukkan prosesnya ke dalam queue manager, apabila bila proses tersebut sangat lama, maka anda bisa meninggalkan PC anda dan beristirahat sejenak sambil menunggu prosesnya selesai. Ini lebih baik, ketimbang anda harus menunggu prosesnya satu-satu, lalu mengaktifkan lagi, kemudian menunggu lagi, dan mengaktifkan prosesnya lagi.



Responses

  1. eemh… mau nanya neh, gmn ya cra mengolah citra landsat SLC-off… mksdnya menutup garis2nya itu, soalnya sya butuh untuk analisis perubahan penggunaan lahan

    • wah, mohon maaf mbak Deela, saya belum sempat membuatkan tutorial mengolah citra landsat SLC-off, namun saya pernah mendapatkan blog yang memberikan tutorial lengkap mengolah citra landsat yang bergaris-garis (> 2003). Data yang dibutuhkan adalah data landsat wilayah yg sama namun timeseries (beda tanggal), ada yang bilang agar hasilnya sempurna, minimal dibutuhkan 4 citra landsat. namun,sejujurnya saya belum pernah mencoba.
      ini saya berikan link-nya :
      http://reganleonardus.wordpress.com/2010/06/03/tutorial-gap-filling-untuk-citra-landsat-slc-off/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: