Oleh: ardiansyah | Juli 15, 2010

Cara mendownload Citra ASTER GDEM

ASTER GDEM meruapakan data ketinggian wilayah biasa disebut Data Elevation Model (DEM) dan merupakan data raster hasil dari perekaman satelit ASTER. Resolusi yang lumayan tajam ini yakni 1 arc sec (30 x 30 meter) membuatnya lebih banyak digunakan ketimbang data SRTM yang memiliki resolusi lebih kecil yakni 3 arc sec (90 x 90 meter). Saat ini, data ASTER GDEM ini telah disediakan secara gratis untuk didownload dan wilayahnya mencakup seluruh muka bumi. Tentunya data DEM ini sangat bermanfaat semisal untuk membuat kontur, membuat peta ketinggian, kemiringan lereng, identifikasi longsor dengan SINMAP dll.

Tertarik mendownloadnya??atau bahkan mengkoleksinya??

Berikut ini saya sediakan tutorial cara mendownloadnya di bawah ini

Cara mendownload Citra ASTER GDEM.pdf

Responses

  1. mas …sampean juga pernah bermain main dengan sinmap? mari kita saling sharing pengalaman menggunakan sinmap..soalnya saya sangt jarang menemui sinmap user..

    • wah boleh juga tuh..sebenarnya saya baru mempelajari ekstensi SINMAP ini
      dan belum terlalu advance dalam menggunakan ektensi ini
      saya mempelajari dari tutorialnya langsung
      apakah mas sudah mendalami SINMAP ini??
      wah,boleh tuh berbagi
      salam kenal
      ardi

  2. saya juga masih belajar, masih mempelajari parameter parameter datanya. tapi untuk running programnya ya lumayan sudah bisa, tapi ya masih dalam tahap belajar. mari saling berbagi mas. ada juga plug-in dalam mapwindow GIS, MW-SINMAP. ini FB saya :arick_cow_cute@yahoo.com

  3. o..iya Mas Ardi..kita bisa konsultasi juga dengan pak tarboton dan enricho Chiaradia, beliau – beliau enak diajak konsultasi mengenai Sinmap.

  4. Terima kasih Bangget atas informasinya..
    bagi saya informasi Cara mendownload Citra ASTER GDEM..sangat luarbisa..
    sukses selalu..

    • sama-sama mas gery :)
      semoga bermanfaat

  5. mas ko aster gdem pas dibuka di globa mapper, ko demnya kayak ada yang nutupin ? pas dilihat di file aster ada ekstensi dem dan num. nah itu numerik buat apa? tolong penjelasannya?trimakasih.

    • wah, mohon maaf sekali, saya sampai sekarang masih belum mengetahui apa fungsi dari layer NUM tersebut, namun sebenarnya untuk DTEM, kita hanya cukup menggunakan file/layer DEM saja, NUM-nya tidak perlu di buka mas, abaikan saja :)

  6. maaf…untuk mas,sya sdang skrpsi dg mengambil topik sinmap. kbtulan data yg sya gunakan resolusiny ksar, jd perlu resolusi yg lbh halus…tp stelah donlod astergdem, knpa resolusi yg mncul di ceelsizenya 0,002…it maksudnya ap ya mas??? mhon pencerahnya dg sngat.

    mas kalo mau share ttg SINMAP…boleh ikut gak? dimna forumnya??
    butuh sangat…

    trimkash^^

    • Aster gdem memiliki resolusi 30 m…mungkin itu 0,002 dalam satuan degree..pastikan map unitnya di setting menjadi m…

      Sbnrnya sudah ada srtm yg memiliki resolusi sampai 30 m..nmun blum d publish k publik…yang dipublish baru yg res 90 m..
      Krn setau saya kualitas srtm jauh lebih baik dibandingkan aster gdem..

      Supaya terrain tidak terlalu kasar..saya rekomendasikan utk gunakan kontur rbi,krn lebih detail..

      Untuk sinmap…saya tidak tahu mengenai keberadaan forum trsbut
      Tp saya sudah pernah membahas pada postingan sblumnya

      Thx


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

